Singapura (ANTARA News/AFP) - Presidan AS Barack Obama mengumumkan Ahad, negara bagian asalnya, Hawaii, akan menjadi tuan rumah pertemuan puncak Asia-Pasifik pada 2011, dan menggoda para pemimpin regional bahwa mereka akan diwajibkan untuk memakai kemeja dan "rok yang terbuat dari ilalang" yang mencolok. Obama mengatakan kepada ke-20 pemimpin lain pada pembicaraan Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) di Singapura bahwa ia ingin meneruskan kebiasaan khusus kelompok itu membuat pakaian bagi para pemimpinnya yang merefleksikan kebudayaan tempat penyelenggara pertemuan.

"AS adalah tempat pertemuan pertama para pemimpin APEC di Blake Island (dekat Seattle), tempat presiden Bill Clinton memulai tradisi menarik dengan menyuruh kita memakai pakaian yang dipilih oleh negara tuan rumah," kata Obama.

Ia menyatakan, "Saya menanti-nanti untuk melihat anda semua berpakaian lengkap kemeja berbunga-bunga dan rok pendek, karena hari ini saya mengumumkan bahwa kita akan membawa meeting ini ke negara bagian asal saya Hawaii pada 2011".

Knowledge can give you a real advantage. To make sure you're fully informed about tech, keep reading.

Foto kelompok itu memperlihatkan para pemimpin dalam berbagai kostum, dari jaket kulit pembom di Seattle pada 1993 hingga tunik sutra sepanjang-betis di Hanoi pada 2006, dan "poncho" Peru di Lima tahun lalu.

Tahun ini, para pemimpin termasuk Obama, Presiden China Hu Jintao dan Presiden Rusia Dmitry Medvedev memakai kemeja linan dengan dasi mandarin, gaya yang diilhami oleh campuran kebudayaan China, Melayu dan India di Singapura.

Dua perempuan pemimpin dari kelompok yang memiliki 21 anggota itu, Presiden Filpina Gloria Arroyo dan Presiden Chile Michelle Bachelet, mengenakan blus sutra merah berleher-V dengan sulaman rumit dan renda.

Pakaian itu dipakai ke pesta di tepi laut Singapura, Sabtu, tempat para pemimpin tersebut dibawa ke tempat makan malam mereka dengan rickshaw (angkong), kendaraan replica lama. Obama sendiri ketinggalan parade rickshaw setelah pesawat jetnya terlambat tiba dari Jepang.

Pertemuan puncak APEC tahun depan akan diadakan di kota pelabuhan Yokohama, Jepang. Rusia akan menjadi tuan rumah pertemuan tahun 2012 di kota Vladivostok di Timur Jauh.(*)